Manfaat Temulawak Bagi Penderita Asam Lambung dan Cara Meraciknya

Manfaat Temulawak Bagi Penderita Asam Lambung dan Cara Meraciknya

Manfaat temulawak bagi penderita asam lambung tak perlu dipertanyakan lagi. Seperti yang sudah diketahui, tanaman herbal yang satu ini cukup ampuh mengobati berbagai gangguan sistem pencernaan. Mulai dari maag, kembung, hingga nyeri perut yang disebabkan oleh berbagai faktor. Asam lambung sendiri adalah gangguan pada lambung yang dikarenakan naiknya makanan menuju esofogus atau kerongkongan. Hal itu dapt terjadi, sebab esofogus tidak bekerja dengan baik. Penyebabnya bisa karena konsumsi makanan terlalu pedas, hingga stres.

Biasanya, para penderita akan mengonsumsi obat menurun asam lambung yang banyak dijual di toko obat. Tetapi bagi Anda yang tidak suka dengan obat kimia, temulawak menjadi salah satu solusi cerdas untuk mengatasi penyakit tersebut. Temulawak sendiri masuk bagian dari keluarga kunyit dan jahe, sehingga khasiatnya bagi kesehatan tak perlu diragukan. Beberapa riset kesehatan juga menjelaskan, bahwa temulawak memiliki kandungan berbagai senyawa unik yang baik untuk tubuh. Bukan hanya sebagai obat penambah nafsu makan, temulawak mempunyai keunggulan karena zat antiokisdan yang dimiliki cukup tinggi. Sampai disini, tidak aneh jika temulawak sering disebut sebagai obat anti kanker. Keunggulan lain yang dapat diperoleh dari tanaman herbal ini adalah manfaatnya untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, tidak heran jika sekarang ekstrak temulawak dapat ditemukan dalam kemasan yang berbeda-beda.Manfaat Temulawak Bagi Penderita Asam Lambung dan Cara Meraciknya

Setelah mengetahui manfaatnya bagi tubuh, berikutnya Anda harus memaksimalkan penggunannya dengan melakukan konsumsi secara rutin. Berhunung temulawak adalah obat herbal, tanaman ini membutuhkan waktu cukup lama dalam menyembuhkan. Meskipun begitu, Anda akan lebih nyaman karena obat tradisional tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk tubuh. Langsung saja, berikut langkah meracik ramuan temulawak: pertama, siapkan bahan utama temulawak, kencur, dan lengkuas. Anda hanya perlu 30 gram temulawak. Kedua, bersihkan semua jenis tanaman tersebut hingga bersih. Ketiga, siapkan air 600 cc untuk merebus bahan yang telah disiapkan. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Manfaat temulawak akan terasa saat Anda mengonsumsinya secara rutin.

Related Post