Macam-Macam Terminasi Dalam Kawat Seling Stainless

Macam-Macam Terminasi Dalam Kawat Seling

Macam-Macam Terminasi Dalam Kawat Seling

Dalam sebuah industry yang besar, tentu membutuhkan alat-alat yang digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan. Salah satu jenis alat yang paling sering digunakan dalam sebuah industry adalah kawat seling stainless. Kawat ini didefinisikan sebagai alat bantu, khususnya untuk mengangkat barang-barang berat dan besar di berbagai industri.

Kawat seling atau sering disebut juga dengan Wire Rope adalah talli baja yang dibuat dari beberapa wire kemudian dipilin membentu stard. Kawat seling stainless atau wire rope banyak digunakan sebagai aplikasi untuk menarik dan mengikat kapal, mengangkat barang dan lainnya. Untuk pembuatan wire rope sendiri sifatnya customized, sehingga dapat disesuaikan denngan kebutuhan konsumen di lapangan. Selain itu anda juga dapat memilih berapa banyak terminasi yang akan dibuat pada wire rope. Berikut beberapa jenis terminasi dari kawat seling atau wire rope:

  1. Chain sling

Bentuk terminasi chain sling berupa rantai yang salah satu atau kedua ujungnya telah diberikan hook atau link yang digunakan untuk mengangkat benda. Dalam bahasa Indonesia chain sling disebut juga dengan rantang sling. Rantai merupakan serangkaian 2 atau lebih link yang biasanya terbuat dari bahan logam. Kegunaan dari terminasi ini adalah untuk aplikasi menarik atau mengangkat barang. Untuk pembuatan chain sling juga diperlukan data-data keinginan konsumen agar nantinya tidak salah ukuran.

  1. Webbing sling

Untuk jenis terminasi selanjutnya adalah webbing sling yang juga sering dikenal dengan sling belt. Webbing sling merupakan alat pengganti wire rope atau chain sling dalam aplikasi mengikat dan mengangkat. Disebut pengganti karena webbing sling memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan terminasi lainnya. Seperti lebih flexible, lebih ringan sehingga mudah dan aman digunakan, tidak mengotori barang yang diangkat serta tidak berkarat.

  1. Round sling

Jenis terminasi yang terkahir adalah round sling. Round sling merupakan sling sintetik yang di bungkus menggunakan pembungkus dari bahan sintetik. Setelah dibungkus kemudian dibentuk secara melingkar. Penggunaan round sling memiliki beberapa keuntungan, diantaranya round sling lebih ringan dan tipis dibandingkan sling berbahan sintetik lain serta lebih tahan lama.

Jenis-jenis terminasi pada kawat seling stainless tersebut digunakan sesuai dengan kondisi sari lapangan. Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk memilih, maka sesuaikanlah terlebih dahulu dengan pengaplikasiannya agar nanti fungsi dari kawat seling tersebut maksimal dan sesuai dengan yang anda harapkan.

Related Post